Kode |
917 |
Nama |
Indeks Kepuasan Masyarakat |
Definisi |
Indeks yang digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat sebagai pengguna layanan dan meningkatkan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik |
Produsen Data |
Bagian Organisasi |
Satuan |
Indeks |
Urusan |
Sekretariat |
Konsep |
Seiring dengan kemajuan teknologi dan tuntutan masyarakat dalam hal pelayanan, maka unit penyelenggara pelayanan publik dituntut untuk memenuhi harapan masyarakat dalam melakukan pelayanan. Pelayanan publik yang dilakukan oleh aparatur pemerintah saat ini dirasakan belum memenuhi harapan masyarakat. Hal ini dapat diketahui dari berbagai keluhan masyarakat yang disampaikan melalui media massa dan jejaring sosial. Tentunya keluhan tersebut, jika tidak ditangani memberikan dampak buruk terhadap pemerintah. Lebih jauh lagi adalah dapat menimbulkan ketidakpercayaan dari masyarakat. Salah satu upaya yang harus dilakukan dalam perbaikan pelayanan publik adalah melakukan survei kepuasan masyarakat kepada pengguna layanan dengan mengukur kepuasan masyarakat pengguna layanan. |
Metodologi |
Wawancara, Mengisi Kuesioner Sendiri, Pengamatan, Pengumpulan Data Sekunder |
Teknik Pengumpulan |
Cross Sectional |
Nomor Romantik |
K-23.3517.063 |